Tutorial Decompile dan Recompile Via Android

Decompile dan Recompile Via Android - Halo sobat oprekers kali ini attackdroids.com akan membagikan tutorial tentang cara Decompile Recompile biasa d singkat dengan DCRC , yang gak punya PC tenang saja kita bisa kok DCRC via Android walaupun proses nya lebih lama dan agak memakan waktu.




Penjelasan sedikit tentang DCRC. Decompile adalah proses dimana file .apk atau .jar juga bisa, akan diuraikan isinya seperti halnya mengextract suatu file. Cuma bedanya disini, smali atau file xml hasil Decompile bisa terbaca oleh text editor dan kita bisa merubah isinya. Sedangkan Recompile (RC) itu sendiri proses penyatuan kembali hasil Decompile tadi menjadi .apk kalau file sebelumnya adalah app. Tutorial ini ditujukan untuk Android OS Jelly bean 4.1.x.

Bahan yang diperlukan untuk Decompile dan Recompile di android :
1.  Apktool ( saya rekomendasikan apktool x, cari di google banyak )
2. Framework-res.apk (ambil dari system - folder framework)
3. SystemUI.apk (contoh app yang akan di dc / rc)

4. Root Explorer

Tutorial Decompile dan Recompile

Installasi Apktool:

1. Install apktool x

2. Biasa nya di suruh install lagi tekan ya

3. Set apktool sesuai OS

4. Centang root acces di apktool terus reboot

5. Sekarang buka Root/system/framework/disini. Copas framework-res.apk kedalam folder apktool ( Kalo belum ada bikin folder apktool sendiri )

6.Buka aplikasi Apktool dan beri ijin superuser, cari framework-res.apk yang sudah di copas kedalam folder apktool tadi yaitu di sdcard/apktool/disini.

7.Tekan framework-res.apk dan akan muncul pilihan, anda harus memilih import as famework dan tunggu sampai proses selesai.

8. Jika sudah selesai berarti anda sudah sukses menyelesaikan installasi apktoolnya. Sekarang tinggal tahap Decompile dan Recompile aplikasinya.

Proses Decompile:

Masuk Root explorer kemudian ambil atau copas aplikasi yang akan di DC RC. Sebagai contoh saya memakai SystemUI.apk. Simpan di SD Card (internal), untuk yang ini boleh diletakkan dalam folder misalkan dalam folder Proyek.
Kemudian masuk ke aplikasi Apktool, alihkan ke sdcard/Proyek/disini. Tekan SystemUI.apk dan pilih decompile all.
Jika proses decompile sukses nanti akan muncul folder SystemUI_src (sesuai app yang di decompile).
Sekarang sobat bisa edit  hasil Decompilenya, mau ganti gambar png atau xml maupun smali terserah.

Proses Recompile:
Setelah proses Decompile sukses dan aplikasi selesai diedit, sekarang tinggal proses Recompile supaya menjadi aplikasi kembali. Caranya:

Masuk aplikasi Apktool tekan SystemUI_src tadi dan pilih recompile. Proses recompile sukses jika muncul app baru dengan nama SystemUI_src.apk (sesuai app).
Sebelum SystemUI dipindah ke tempat asalnya kita sign apknya dulu. Tekan SystemUI_src.apk lalu pilih sign apk dan nanti akan muncul SystemUI_src_sign.apk. Jangan lupa rename menjadi nama asalnya SystemUI.apk.
Copy atau pindahkan SystemUI.apk yang sudah di modif ke dalam Root/system/app/disini, tapi sebelumnya set dulu dari r/o menjadi r/w. Jika ada peringatan Overwrite pilih Yes untuk menimpa app dan set permissionnya jadi rw-r--r-- (0644) lalu reboot.

Kalau setelah reboot ada yang force close/ fc berarti ada yang error / mungkin faktor face hahaha. Dan ingat sebelum nya harus sudah Disable Signature. Bisa dengan edut servis.jar / bisa juga menggunakan lucky patcher/ bisa edit manual juga. Kalau DS manual begini cara nya:

Extract SystemUI.apk (sebelum modif) dan SystemUI_src_sign.apk.
Buka hasil extract SystemUI_src_sign kemudian hapus dan ganti AndroidManifest.xml dan META-INF dengan yang ada di SystemUI (sebelum modif). Recomended hapus dulu baru diganti soalnya untuk yang modding file .jar isi dari META-INF jumlahnya berbeda.
Tekan dan tahan SystemUI_src_sign dan jadikan zip (Zip this folder) kemudian rename SystemUI_src_sign.zip menjadi SystemUI.apk baru kemudian di pindah ke system dan set permissionnya lalu reboot.

Sekian Tutorial sederhana cara dcrc via hh ....

Happy modding everybody!!!

Sumber : https://www.androidtekno.com/


EmoticonEmoticon